HASIL KARYA SISWA SD N 1 PUNGANGAN
Nilai akademik tidak semata-mata menjadi acuan dalam tolak ukur kecerdasan siswa, namun hal tersebut juga penting untuk dikejar dan diselesaikan sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Selain aspek pengetahuan terdapat juga aspek keterampilan dan kreativitas yang dapat digunakan sebagai modal untuk hidup di masyarakat dan mengembangkan skill selain akademik. Keduanya sebisa mungkin berjalan berdampingan dan saling mendukung. Namun tidak mewajibkan siswa menguasai setiap materi dan keterampilan tertentu karena setiap anak adalah istimewa. Setiap siswa memiliki keunikan dan kecerdasan masing-masing di bidang akademik maupun non akademik. Oleh karena itu, berkarya adalah jalan untuk membuka peluang untuk mengembangkan anak menemukan potensi masing-masing siswa. Berikut ini beberapa hasil karya siswa SD N 1 Pungangan dari kelas I sampai dengan kelas VI dengan berbagai macam tema dan bentuk karyanya,
Hasil Karya siswa kelas I membuat simbol pancasila menggunakan bahan dasar kardus sebagai papan, sedotan sebagai pegangan seperti wayang, kemudian menempelkan gambar simbol pancasila. Siswa diminta menghafalkan simbol beserta artinya dengan baik dan benar.
Hasil karya siswa kelas I membuat kliping dengan memanfaatkan daun kering. Kemudian ditempelkan sesuai pola gambar kelinci dan di kreasikan sendiri oleh siswa dengan menambahkan gambar lain di sekitarnya.
Hasil karya siswa kelas I membuat topi ulang tahun menggunakan kalender bekas maupun kertas karton dan dikreasikan sesuai kreativitas masing-masing siswa dengan menggunakan banyak warna dan pola yang dibuat serta disusun oleh siswa itu sendiri.
Hasil karya siswa kelas III membuat hiasan dinding untuk ruang kelas dengan membuat origami dan ornamen-ornamen seperti di alam. Selain meningkatkan nilai kreativitas, untuk menciptakan karya tersebut juga harus meningkatkan nilai kerja sama karena siswa bekerja sama untuk membuat karya tersebut.
Hasil karya siswa kelas IV membuat celengan menggunakan toples atau wadah bekas kemudian dihias dan diberi lubang untuk memasukkan uang. Karya tersebut sebagai pengingat juga untuk para siswa agar rajin menabung.
Hasil karya siswa kelas VI membuat poster dengan tema pengelolaan sampah untuk menjadikan lingkungan bersih dan melindungi bumi. Karya tersebut dibuat bersama-sama menggunakan bahan dan alat yang sudah disiapkan oleh siswa. Poster ini dapat digunakan untuk pembelajaran siswa agar lebih memahami jenis-jenis sampah dan bagaikana cara pengelolaannya.
Hasil karya siswa kelas V membuat spinner pembelajaran Bahasa Inggris "Learning English Grammar" menggunakan Bahan kardus dan kertas manila. Karya tersebut dibuat bersama-sama menggunakan bahan dan alat yang sudah disiapkan oleh siswa. Karya ini dapat digunakan sebagai alat peraga pembelajaran English Grammar untuk siswa sekolah dasar, sebagai contoh dengan spinner tersebut siswa lebih mudah membuat kalimat "I am student".
Hasil karya siswa kelas IV membuat Jam pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan kertas asturo. Karya tersebut dibuat bersama-sama menggunakan bahan dan alat yang sudah disiapkan oleh siswa. Karya tersebut dapat digunakan untuk alat peraga pembelajaran siswa kelas IV pada materi jam/waktu dalamBahasa Inggris.
Hasil karya siswa kelas II membuat karya tangan menuliskan "Magic Words" atau Kata Ajaib. Karya tersebut dibuat dengan kertas lipat warna kemudian anak-anak membuat gambar tangan menggunakan tangan masing-masing. Kemudian dihias dan diberi tulisan magic word / kata ajaib dalam Bahasa Inggris antara lain : Thankyou, Sorry, Please, May I..., Help, Excuse Me, dll.