Program Sekolah Berbasis Entrepreneurship di SD N 1 Pungangan

Admin 67

Program Sekolah Berbasis Entrepreneurship di SD N 1 Pungangan

SD N 1 Pungangan mengadakan sebuah program Sekolah Berbasis Entrepreneurship sebagai upaya memajukan sekolah dan juga sebagai media pengembangan peserta didik. Program ini di kelola oleh komite sekolah, komite kelas dengan bantuan wali murid lainnya, yang mana telah selesai proses pengerjaannya pada hari Minggu, 19 Maret 2023. Tanaman yang dibudidayakan antara lain : Daun Bawang, Cabai, Sawi, Terong Ungu, dll.

Terminologi entrepreneurship dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan kata kewirausahaan pada prinsipnya merupakan sebuah sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Dalam konteks ini maka sikap serta jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship itu merupakan sebuah keniscayaan yang tumbuh dan berkembang dalam diri setiap peserta didik dalam sebuah proses pembelajaran di sekolah. 

Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran di sekolah pada hakekatnya bertujuan untuk membentuk manusia secara utuh (holistik), sebagai insan yang memiliki karakter, pemahaman dan keterampilan sebagai wirausaha. SD N 1 Pungangan mengadakan program ini dengan tujuan agar siswa mendapat pemahaman baru tentang entrepreneurship/kewirausahaan di bidang budidaya tanaman pangan. Sehingga melalui program ini siswa akan belajar bertanggung jawab untuk merawat tanaman tersebut dan dapat menikmati hasil panennya.