GELAR KARYA P5 DAN LAUNCHING PROGRAM SEKOLAH SD N 1 PUNGANGAN BERSAMA BUPATI WONOSOBO

Admin 222

GELAR KARYA P5 DAN LAUNCHING PROGRAM SEKOLAH SD N 1 PUNGANGAN BERSAMA BUPATI WONOSOBO

Pada Hari Kamis, 25 Mei 2023 SD N 1 Pungangan mengadakan Gelar karya P5 dan Pentas seni, serta Launching Program Sekolah Entrepreneurship dan Website Sekolah. Dihadiri oleh Bupati wonosobo, Kepala Dinas Dikpora, kepala Dinas Diskominfo, Kapolsek, Danramil serta semua warga sekolah. 

Gelar karya P5 adalah bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka yaitu hasil belajar proyek. Baik proyek individu mamupun proyek kelompok. Gelar karya P5 ini berupa display hasil belajar siswa selama kurang lebih setahun yaitu dari Agustus 2022 sampai dengan awal Mei 2023.  Peserta didik panen hasil belajar dari apa yang telah di ajarkan oleh gurunya. Tentu saja ini menjadi momen yang paling menyenangkan bagi peserta didik, dimana hasil karya anak di lihat, dinilai dan diapresiasi oleh orang lain secara luas. 

Selain  kegiatan diatas, kepala sekolah SD N  1 Pungangan yaitu Ibu Salamah, S.Pd,M.Pd juga melaunching dua   program sekolah yaitu, sekolah enterprenuership dan website sekolah. Latar belakang diadakannya sekolah enterprenuership adalah melatih kreatifitas siswa, namun yang paling mendasar adalah terpenuhinya kebutuhan financial sekolah di luar dana BOS. Dimana sekolah ini (sejak sekolah ini berdiri) tidak ada guru Bahasa Inggris, maka kepala sekolah berkomitmen bagaimana mengangkat guru Bahasa Inggris tanpa memungut pungutan dari siswa. Alurnya adalah peserta didik menanam tanaman, lalu menyiraminya (berdasarkan regu piket, kelsa IV,V dan VI), setelah panen tiba komite kelas yang akan memetiknnya (didampingi anak anak), kemudian menjualnya. Selanjutnya uang akan disimpan yang kemudian di setiap tanggal 1 akan dibayarkan kepada guru honorer Bahasa Inggris. Alhmadullilah sejak tanggal 1 Januari 2023 sekokah kami memiliki guru Bahasa Inggris dari hasil program sekolah enterprenueship. 

Untuk launching website sekolah, kepala sekolah mengutarakan bahwa tujuan pembuatan website adalah untuk mensosialiasikan semua kegitan belajar mengajar dan hasil belajar siswa. Selain itu terkait dengan kegiatan yang berhubungan dengan KBM, nantinya website ini akan digunakan untuk meng upload video pembelajaran guru, hasil belajar siswa, assemsent dan lain lain. Sehingga dikemudian hari website sekolah bisa dijadikan sebagai referensi oleh pendidik lain terkait KBM dan assesment. 

Bapak bupati Wonosobo ,Bapak Afif Nurhidayat, S.Ag sangat mengapresiasi program sekolah ini, beliau mengatakan "saya senang dengan adanya progres ini, semoga kedepannya akan ada inovasi lain yang mampu membawa perubahan lebih baik"

Acara di akhiri dengan pemotongan pita dan foto bersama.